KEMAH BAKTI

Pada hari Jumat Bertepatan tanggal 21 Oktober 2022 SMAN 90 Jakarta terkhususnya Ekstrakulikuler Pramuka mengadakan Kemah Bakti selama 2 hari yang dilaksanakan untuk siswa-siswi kelas 11 di daerah Ciseeng Bogor. Dengan menggunakan mobil tronton atau yang sering diketahui mobil tentara dengan diawasi pembimbing seperti Osis dan pastinya pun ada guru juga yang menemani kemah bakti kali inil

 

Sekitar pukul 10.00 semua peserta sampai ditempat tujuan, semua peserta dikumpulkan untuk mengikuti upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan selesai peserta diberikan waktu isoma untuk sholat Dzuhur dan makan siang. Dan dikumpulkan kembali setelah waktu isoma selesai lalu pembimbing memberikan arahan untuk acara selanjutnya yaitu materi.

 

Ada banyak materi yang dipaparkan pembimbing supaya dapat menambah ilmu kepengetahuan tentang kepramukaan para siswa. Materi Kemah Bakti ini berakhir di jam 15.00 peserta pun diberikan kembali waktu isoma untuk mandi, makan, sholat Ashar sampai waktu Ba’da Isya. Namun sayang seribu sayang lokasi saat jam Magrib turun hujan. Maka dari itu the best part of Kemah Bakti (Api Unggun) harus ditiadakan karena kondisi hujan.  Tetapi acara selanjutnya tetap ada yaitu Pensi (Pentas Seni) yang di tampilkan oleh seluruh perwakilan masing-masing kelas. Pensi berakhir di jam 09.00 dan Pembina memberikan perintah bahwa acara hari itu berakhir dan akan di lanjutkan besok.

 

Keesokannya setelah sholat subuh, para peserta melakukan senam dan sarapan pagi Peserta diperintahkan untuk berkumpul untuk mendengarkan perintah acara Outbond yang akan dilaksanakan. Pembina memberikan pemanasan selama kurang lebih 30 menit untuk sampai akhirnya di persilahkan mencoba wahana yang telah disediakan.

 

Macam-macam wahana diantaranya yaitu pertama ada balon , kefokusan indra pendengar, dan tali temali. Setelah wahana selesai dilakukan, seluruh peserta dikumpulkan kembali untuk mendengarkan arahan selanjutnya. Acara selanjutnya yaitu masih melakukan permainan. Permainannya adalah memecahkan balon menggunakan lilin yang akan dihadang oleh algojo. Outbound pun berakhir di jam 10.00 hari ini adalah hari terakhir Kemah Bakti.

 

Upacara penutupan ditutup oleh Bapak Suprapto dengan hikmat. Sekitar pukul 13.00 seluruh peserta diperintahkan untuk naik ke tronton yang telah di sediakan. Perjalanan pulang pun dimulai sekitar pukul 13.30 meninggalkan pelataran kemah di Ciseeng Bogor dan Kembali menuji SMA Negeri 90 Jakarta.

 

Kegiatan kemah bakti ini sangat bearti bagi para peserta karena dapat mengajarkan kebersamaan, kedisiplinan dan yang lainnya.

Tags :  

Komentar